Pengertian Dan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi
Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala
hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,
manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi mencakup
segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses
dan mentrasfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu,
penguasaan TIK berarti kemampuan memahami dan menggunakan alat TIK
secara umum termasuk komputer (Computer literate) dan memahami informasi
(Information literate). Tinio mendefenisikan TIK sebagai seperangkat
alat yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan,
mendiseminasikan, menyimpan, dan mengelola informasi. Teknologi yang
dimaksud termasuk komputer, internet, teknologi penyiaran (radio dan
televisi), dan telepon. UNESCO (2004) mendefenisikan bahwa TIK adalah
teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan, mengelola
dan mendistribusikan informasi. Defenisi umum TIK adalah computer,
internet, telepon, televise, radio, dan peralatan audiovisual.
A. Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Sejarah
pemanfaatan TIK dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran sangat
dipengaruhi oleh perkembangan prangkat keras TIK, khususnya komputer.
Teemu Leinonen (2005) membagi perkembangan tersebut kedalam 5 fase
sebagaimana dilustrasikan pada gambar berikut:
Gambar Fase Perkembangan TIK
Fase
pertama (akhir 1970an – awal 1980an) adalah fase programming, drill and
practice. Fase ini ditandai dengan penggunaan perangkat lunak komputer
yang menyajikan latiha-latihan praktis dan singkat, khususnya untuk mata
pelajaran matematika dan bahasa. Fase kedua (akhir 1980an – awal
1990an) adalah fase computer based training (CBT) with multimedia
(latihan berbasis komputer dengan multimedia). Fase ini adalah era
keemasan CD-ROM dan komputer multimedia. Fase ketiga (awal 1990an)
adalah fase Internet-based training (IBT) (latihan berbasis internet.
Pada fase ini, internet digunakan sebagai media pembelajaran. Fase
keempat (akhir 1990an – awal 2000an) adalah fase e-learning yang
merupakan fase kematangan pembelajaran berbasis internet. Fase kelima
(akhir 2000) adalah fase social software + free and open content. Fase
ini ditandai dengan banyaknya bermunculan perangkat lunak pembelajaran
dan konten pembelajaran gratis yang mudah diakses baik oleh guru maupun
siswa, yang selanjutnya dapat diedit dan dimanipulasi sesuai dengan
kebutuhan.
B. Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat membawa
paradigma baru dalam pendidikan dari berbagai aspek, antara lain
perubahan dari pembelajaran tradisional ke pembelajaran baru, dari
teacher centered ke learner centered, sampai pada perubahan information
delivery ke information exchange.
Fasilitas
pembelajaran elektronik yang dikembangkan di Indonesia adalah TV
Edukasi, yang menampilkan berbagai topik pembelajaran dari berbagai mata
pelajaran dengan modus penyampaian yang bervariasi. Banyaknya CD
pembelajaran yang dapat ditemukan di pasaran atau didistribusikan ke
sekolah-sekolah juga menjadi peluang tersendiri yang dapat dimanfaatkan
oleh sekolah dalam menunjang proses pembelajaran yang lebih baik.
Sayangnya, meskipun disadari bahwa TIK dapat membantu mempercepat proses
pendidikan dan berpotentsi meningkatkan mutu pendidikan, pemanfaatannya
belum meluas dan merata di sekolah-sekolah.
Penggunaan
perangkat TIK dalam proses pembelajaran di atas adalah bentuk integrasi
TIK dengan sistem pembelajaran. UNESCO (2004) mengklaim bahwa integrasi
kurikulum adalah pemanfaatan kemampuan TIK untuk memberikan nilai
tambah pada proses pembelajaran dengan mengintegrasikan
kegiatan-kegiatan berbasis TIK ke dalam kurikulum. Kegiatan-kegiatan
tersebut meliputi antara lain: (i) menggunkan paket perangkat lunak
generik (paket aplikasi office, grafik, dan presentasi), (ii)
menggunakan perangkat lunak khusus untuk pembelajaran interaktif,
simulasi, dan penguasaan konten; (iii) menggunakan alat komunikasi
sinkronos dan asinkronos untuk kolaborasi online dan pertukaran
informasi (email, web forum, instant messaging, audio- dan
videoconferencing), dan (iv) menggunakan internet sebagai sumber
informasi dan penelitian. Dalam model integrasi kurikulum, keterampilan
TIK tidak diajarkan sebagai kegiatan terpisah, tapi didapatkan seiring
dengan kegiatan pembelajaran berbasis TIK.
Dalam
KTSP, TIK juga diperlakukan sebagai substansi pembelajaran dalam bentuk
mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Mata pelajaran
TIK dapat membantu siswa untuk mengenal, menggunakan, merawat peralatan
teknologi informasi dan teknologi komunikasi, serta menggunakan segala
potensi yang ada untuk pengembangan kemampuan diri. Bagaimana cara
mengemas/mengolah informasi dan bagaimana cara mengkomunikasikannya.
1. Pembelajaran Berbantuan Komputer
Dalam
bidang pendidikan, komputer memiliki fungsi yang beragam. Salah satu
diantaranya adalah fungsi media pembelajaran, yang dapat meliputi
penyajian materi dan latihan. Model pembelajaran seperti ini biasa
disebut dengan ‘computer-assisted instruction’ (CAI) atau
computer-assisted learning (CAL). Manfaat positif komputer dalam bidang
pendidikan dan pengajaran telah banyak dilaporkan hasilnya Stepp-Greany
(2002) mengadakan penelitian tentang persepsi mahasiswa terhadap
pembelajaran berbasis teknologi. Dia menemukan beberapa hal, antara lain
berikut ini: (1) sebagian besar siswa setuju bawa laboratorium komputer
membuat pelajaran lebih menarik; mereka juga merasakan bahwa penggunaan
CD-ROM menyenangkan; dan (2) siswa merasa percaya diri mengerjakan
kegiatan-kegiatan berbasis tugas (task-based activities). Selanjutnya
Skinner dan Austin (1999) menyimpulkan bahwa model pembelajaran computer
conferencing bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan meningkatkan tingkat kepercayaan diri mereka.
2. Komputer dan Siswa
Pengalaman
belajar siswa adalah salah satu faktor penentu yang sangat berpengaruh
dalam mencapai keberhasilan mereka. Oleh karena itu, guru hendaknya
berusaha menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menarik. Salah
satu modus pembelajaran yang dianggap dapat memenuhi hal tersebut adalah
dengan memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran di kelas atau
sebagai self-access learning resource.
Sekaitan
dengan bagaimana penggunaan komputer mempengaruhi siswa, Brown (1999)
melaporkan bahwa (i) penggunaan komputer memberikan pengaruh positif
terhadap penghargaa diri siswa; (ii) siswa dapat belajar secara mandiri
tanpa merasa ada orang lain yang mengamati tingkat kesulitan tugas yang
dikerjakannya atau kesalahan yang dibuatnya; (iii) sebagai alternatif,
siswa juga dapat bekerja secara kelompok, yang bermanfaat bagi siswa
dengan kemampuan lebih rendah untuk membangun kepercayaan dirinya yang
diperoleh dari siswa lainnya; (iv) komputer menawarkan akses yang
fleksibel di mana siswa dapat menggunakannya sesuai dengan waktu yang
diinginkannya, baik selama kelas berlangsung atau sebagai tambahan waktu
pelajaran; dan (v) pembelajaran berbantuan komputer adalah cara yang
efektif secara finansil untuk pembelajaran mandiri, begitupula untuk
mengkoordinasikan dan mengelola pembelajaran dan penilaian.
3. Komputer dan Guru
Peranan
guru sangat penting dalam menyelenggarakan pengajaran berbatuan
komputer. Dalam konteks pembelajaran berbantuan komputer, komputer
sangat bermanfaat untuk mendukung peranan guru dalam proses belajar
mengajar, namun tidak dapat menggantikan guru, yang kehadirannya penting
dan senantiasa dibutuhkan sebagai pembimbing dan mediator. Beberapa Perangkat Lunak/Fasilitas TIK untuk Tujuan Media Pembelajaran
a. CD-ROM
CD
ROM adalah disket optik berdiameter 4.75 inchi yang digunakan sebagai
media untuk menyimpan informasi dalam jumlah yang cukup besar (+ 600
MB), yang dapat diakses dan dibaca di monitor, atau dicetak melalui
printer. CD dapat menyimpan informasi dalam berbagai bentuk, seperti:
teks, gambar, presentasi, slide, audio dan video.
b. Internet
Internet
adalah jaringan internasional yang mengkoneksikan ribuan bahkan jutaan
komputer dengan muatan isi yang beragam, seperti pendidikan,
pemerintahan, bisnis, budaya, dan teknologi. Jaringan internet ini
memungkinkan individu berinteraksi dan berkomunikasi dengan yang lainnya
melalui komputer dari berbagai belahan dunia dengan biaya yang cukup
terjangkau. Beberapa fasilitas dan aktivitas internet yang dapat
digunakan untuk mendukung pembelajaran adalah email, forum diskusi, web
browsing, dan chatroom.
c. Sistem Manajemen Pembelajaran
Sistem
manajemen pembelajaran yang dikenal dengan istilah learning management
System (LMS) merupakan perangkat lunak dalam bentuk portal pembelajaran.
Pada umumnya LMS menyediakan ruang bagi guru untuk menyimpan materi
(upload) berikut tugas yang diberikan kepada siswa. Di lain pihak, LMS
ini juga menyediakan ruang kepada siswa untuk mengerjakan atau
menyetor tugas.
d. Authoring Program/Template Pengembangan Bahan Ajar
Authoring
Program adalah template yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar.
Program ini dapat dalam bentuk freeware (perangkat gratis) atau paket
yang harus dibeli. Keuntungannya adalah guru dapat mengembangkan
materinya sendiri sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran yang telah
dirumuskan. Ada beberapa freeware yang dapat di-download dari internet,
di antaranya Hot Potatoes.
e. TV Edukasi
TV
Edukasi ini memiliki program unggulan yang perlu diketahui oleh pihak
manajemen sekolah dan guru untuk dapat memanfaatkannya seoptimal
mungkin. Berikut ini disajikan program-program ungulan yang di-download
dari situs web resmi TV Edukasi berikut penjelasan singkat masing-
masing.
Sangat lh bermanfaat ilmu ny terimakasih.
BalasHapusKunjungi website kampus saya di www.atmaluhur.ac.id
Bagus dan sangat bermanfaat ,kunjungi website kami di http://www.atmaluhur.ac.id .terima kasih
BalasHapus
BalasHapusLEGENDAQQ.NET
Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
- Bandar 66
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
- Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
- Kartu Anda Akan Lebih Bagus
- Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
- Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
- Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
- Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
- Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
- LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
- Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : 2AE190C9
- Facebook : LegendaqqPoker
Link Alternatif :
- www.legendaqq(dot)net
- www.legendapelangi(dot)com
NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^
BalasHapusLEGENDAQQ.NET
Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
- Bandar 66
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
- Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
- Kartu Anda Akan Lebih Bagus
- Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
- Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
- Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
- Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
- Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
- LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
- Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : 2AE190C9
- Facebook : LegendaqqPoker
Link Alternatif :
- www.legendaqq(dot)net
- www.legendapelangi(dot)com
NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^
Perubahan dari pembelajaran tradisional ke pembelajaran baru,luar biasa ...
BalasHapusJangan lupa kunjungi website dan blog kami di
http://www.atmaluhur.ac.id
1722300001myblog.blogspot.com
Terimaksih blog ini sangat membantu saya memahami belog teknologi informasi ini dan sangat berguna bagi saya dan sangat bermanfaat dan jangan lupa kunjungi website kami www.atmaluhur.ac.id
BalasHapusdan jangan lupa kunjungi website kami website kami www.atmaluhur.ac.id dan blog saya 2809satnight.blogspot.com
BERHADIAH 10.000 FREECHIP UNTUK 5 USER ID YANG TERDAFTAR DI SENYUMPOKER
BalasHapus*FOLLOW @SENYUMPOKER
*LIKE & SHARE POSTINGAN KUIS INI
*BERIKAN RATE & REVIEW PADA FANSPAGE INI
*JAWAB PADA KOLOM KOMENTAR & TAG MENTION 5 TEMANMU
*MINIMAL PERTEMANAN 500 ORANG
GUNAKAN HASTAG #KUISSENYUMPOKER #KUISBERHADIAH #POKERONLINE
*KUIS DI BUKA SETIAP JAM 14:00 WIB DAN AKAN DI TUTUP JAM 17:00 WIB
*5 PEMENANG YANG MENJAWAB PERTANYAAN DENGAN CEPAT ( KLAIM BERLAKU YANG HANYA MEMILIKI USER ID DI SENYUMPOKER )
INFO LENGKAP HUBUNGI :
* WEBSITE : WWW. SENYUMJP .COM
* PIN BBM : D1FB4EC6
* TELEPON/WA : +855 . 962 . 071 . 913
**TERIMA KASIH SALAM ALL IN**